Connect with us

Brita Kita

Pelamaran Anak Bupati Konawe dan Jeneponto, Baju Adat Tolaki Dipamerkan

Keluarga Besar Bupati Konawe dan Keluarga Bupati Jeneponto, (Foto: Istimewa)

Nasional

Pelamaran Anak Bupati Konawe dan Jeneponto, Baju Adat Tolaki Dipamerkan

Jeneponto, Britakita.id

36 Pelajar Jeneponto akan mengenakan pakaian Adat Tolaki dalam acara pelamaran Fachry Pahlevi Konggoasa Putra Bupati Konawe dan Irma Dwiyani Iskandar Putri Bupati Jeneponto. Tak hanya itu ada 300 pasang pakaian tenun khas Tolaki akan dikenakan dalam acara pelamaran kedua anak Bupati Kamis (20/2/20).

Hal tersebut diungkapkan Desainer Sultra, Amir Malik saat ditemui britakita.id, dimana diri mengatakan penggunaan pakaian khas Tolaki dan Sergam Tenun Tolaki adalah pesan dari Bupati Konawe, Kery Saiful Kongguasa (KSK).

“Ini permintaan dari Bupati Konawe langsung. Sekaligus juga untuk memperkenalkan pakaian khas Sultra di tanah Jeneponto, Sulawesi Selatan,” katanya.

Lanjut Wakil Ketua Anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), pakaian adat tersebut akan digunakan oleh 30 Pelajar di Jeneponto. Yang nantinya akan bertugas membawa erang-erang (Seserahan adat bugis) dalam pelaksanaan pelamaran yang akan dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Jeneponto, Drs. H. Iksan Iskandar.

” Untuk 300 baju tenun khas Tolaki akan digunakan 300 ibu-ibu Konawe yang bertugas sebagai pengantar anak Bupati Konawe, semua orang-orang Konawe yang sengaja dibawa Bupati,” paparnya.

Lanjut Desainer kondang itu, desain pakaian adat dan kain tenun yang digunakan tersebut adalah desain terbaik miliknya. Bahkan desain tersebut telah beberapa kali memenangkan event Nasional hingga Internasional.

“Jadi berikan karya terbaik saya dalam acara pelamaran anak Bupati Konawe dan Bupati Jeneponto. Karena ini salah satu moment untuk memperkenalkan kebudayaan Tolaki atau Sulawesi Tenggara kepada khalayak ramai,” tegasnya.

Laporan: Muhammad Andri
Editor: Ruddi


More in Nasional

To Top
error: Content is protected !!