Connect with us

Brita Kita

Dukung Sektor Pertanian Desa, Pemdes Puu Waeya Beli Empat Mesin Pompa

Ilustrasi (foto: Istimewa)

Bombana

Dukung Sektor Pertanian Desa, Pemdes Puu Waeya Beli Empat Mesin Pompa

image_pdfimage_print

Bombana, Britakita.id

Hadirnya Dana Desa (DD) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa, dimana DD tersebut dapat digunakan untuk mendukung seluruh sektor unggul di Desa. Hal tersebut pun dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Puu Waeya, Kecamatan Mataoleo, Kabupaten Bombana, yang menggunakan DD sebesar Rp 106 juta untuk mendukung sektor pertanian Desa tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Basofi Sudirman saat ditemui Kendari Pos, dimana dirinya menjelaskan bahwa untuk memaksimalkan sektor pertanian di Desanya dirinya menggunakan DD sebesar Rp 106 juta. Karena sektor unggulan di Desa tersebut adalah sektor pertanian.

” Dana tersebut kami gunakan untuk membeli mesin pompa air sebanyak empat buah. Serta perpipaan agar pompa tersebut dapat mengaliri lahan persawahan masyarakat Desa,” kata Alumni MAN 1 Kendari itu

Lanjut Kades termuda di Kabupaten Bombana itu pengadaan pompa air tersebut dilalukan karena kesepakatan masyarakat Desa Puu Waeya, saat melalukan musyawarah Desa yang dihadiri oleh seluruh masyarakat. Dimana pada musim kemarau saat ini lokasi ratusan hektae para petani kesulitan mendapatkan air yang dapat mempengaruhi hasil panen para petani Padi.

” Saat panen dengan kondisi air yang sangat baik, petani tadapat menghasilkan ratusan juta sekali panen. Namun bila air kurang karena kemarau otomatis penghasilannya menurun olehnya itu pengadaan mesin kami lakukan,”katanya.

Untuk diketahui DD Desa Puu Waeya, Kecamatan Mataoleo sebesar Rp 700 jutaan, ditambang dengan program Gembira Desa Bupati Bombana Rp 500 juta perdesa. Sehingga Desa Puu Waeya mengelola uang sebesar Rp 1,2 miliar.

Laporan: Fendi
Editor: Ruddi

More in Bombana

To Top