Connect with us

Pemkot Kendari Apresiasi GKM, Kampanyekan Anti Bullying

Pemberian penghargaan pihak dari pihak Pemkot Kendari kepada GKM usai sosialisasi anti Bully

Metro

Pemkot Kendari Apresiasi GKM, Kampanyekan Anti Bullying

Kendari, Britakita.id

Sabtu (30/11), Gerakan Kendari Mengajar (GKM) melaksanakan proyek sosial 2019, dengan tema Suara GKM : Be a buddy, not a bully, yang dikemas dalam talkshow interaktif dan focus group discussion (FGD) dengan para siswa, serta ruang bincang dengan guru dan kepala sekolah, di beberapa sekolah di Kendari, yakni SMPN 9, SMPN 19, SMPN 18, SMPN 4, dan MTsN 2. Kemudian dilanjutkan dengan malam puncak pementasan seni, dan pameran, yang mengangkat isu bullying ke permukaan.

Dua item kegiatan yang dilaksanakan dalam sehari tersebut, lantas mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai instansi dan komunitas, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Asisten I Pemkot Kendari, Makmur mengatakan, isu bullying saat ini menjadi pekerjaan rumah (PR) semua pihak. Seiring berkembangnya teknologi, jumlah kasus bullying juga semakin banyak, sebab banyak yang belum sadar akan dampak dari bullying itu sendiri. Makanya, ia berharap agar GKM senantiasa mengambil peran strategis dalam berbagai aspek, menjadi salah satu bagian peran anak bangsa melanjutkan cita-cita perjuangan, mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

“Kami menaruh harapan besar kepada GKM, supaya menjadi organisasi penggerak dan inspirator bagi pembanguan dari aspek pendidikan sosial dan kepemudaan,” ujarnya.

Selain melawan bullying, ia juga ingin GKM terus eksis membantu masyarakat mengakses pendidikan lebih baik, melalui program utamanya, seperti pendirian taman baca dan pengajaran. “Mengajar bukan hanya tentang pengetahuan, tapi yang lebih penting yaitu mengajarkan kehidupan, melalui suatu kegiatan mendidik, membina dan menginspirasi untuk membangun karakter generasi muda. Maka, kami ingin GKM melakukan kerjasama dan bermitra dengan instansi pemerintah yang ada kaitannya dengan visi misi gerakan kendari mengajar, seperti Dikmudora, Dinas Perpustakaan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” harapnya.

Ia berharap, dengan proyek sosial suara GKM, bisa menjadikan isu melawan bullying ini lebih terekspos, sehingga semakin banyak yang sadar dan bersama kita lawan bullying. “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung eksistensi GKM bersama komunitas lain, agar menjadi mitra pemkot dalam pencapaian visi misi kota kendari, yaitu mewujudkan Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi,” pungkasnya.

Laporan: Muhammad Andry
Editor: Ruddi


More in Metro




To Top
error: Content is protected !!